Konsep Interaksi Manusia dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Pengenalan Interaksi Manusia dan Komputer 

Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. 

Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. 

Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.


Definisi Interaksi Manusia dan Komputer 

  • Interaksi Manusia dan Komputer adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
  • Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri 
  • Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya 
  • HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. 
  • HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Sistem Interaksi Manusia dan Komputer 

HCIS = ƒ (h,m,e,i,t) 

Dimana: 
HCIS = sistem manusia dan komputer 
h = subsistem manusia 
m = subsistem mesin 
e = subsistem lingkungan 
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem 
t = waktu, lamanya interaksi terjadi

Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer


HUMAN COMPUTER INTERACTION

Pengertian HCI (Human Computer Interaction)

Interaksi manusia dan komputer (human–computer interaction atau disingkat HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.[1] Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.


Sejarah HCI (Human Computer Interaction)

HCI itu sendiri adalah sebuah disiplin ilmu yang fokus kepada desain, evaluasi, dan implementasi dari sebuah sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia dan dengan pengetahuan mengenai fenomena besar yang melingkupinya.

Meskipun awalnya membahas masalah yang hanya akan dihadapi oleh pengguna pertama kali, HCI berevolusi untuk memasukkan pertimbangan kualitas seperti:
  • Kesenangan dan kenyamanan pengguna.
  • Kesejahteraan (ini mencakup perangkat yang memungkinkan kecanduan atau ketergantungan padanya, dimana hal itu akan dianggap buruk bagi kesejahteraan pengguna)
  • Efektifitas (berarti bahwa jaminan yang ditempatkan seseorang di suatu tempat dapat memengaruhi kinerja secara keseluruhan).
  • Alur (bagaimana pengguna menggunakan dan bergerak melalui interface atau antarmukanya)
  • Dukungan untuk perkembangan pembangunan manusia
 
Berikut sejarah mengenai Human Computer Interaction :
 

ENIAC

Eniac, mesin hitung elektronik pertama di dunia.


Secara urutan sejarah HCI dari tahun ke tahun dapat dilihat sebagai berikut :
1945 – Memex
1969 – Flex
1973 – Alto
1974 – Bravo
1974 – IBM Portable Computer
1983 – Apple Lisa
1984 – Apple Macintosh
1987 – Microsoft Windows



Ide komputer digital sebenarnya berawal dari tahun 1700-an dan 1800-an namun teknologinya baru mulai tersedia pada tahun 1940-an dan 1950-an.

Vannevar Bush (1890 - 1974)

Dalam sebuah artikel pada tahun 1945 oleh harian Atlantic Monthly Bush mengatakan kalau komputer itu “Seperti yang telah kita pikirkan”.

Dalam temuannya Bush dapat mengidentifikasi permasalahan information storage and retrieval problem, dimana pengetahuan yang baru tidak dapat menjangkau orang – orang yang dapat memanfaatkannya.

“publikasi telah berkembang jauh dari kemampuan kita sekarang untuk menggunakan record dalam kehidupan nyata”.

Bush’s Memex

Menyusun Hypertext dengan World Wide Web (WWW)
• Sebuah alat dimana individu dapat menyimpan semua buku – buuku pribadi , record, komunikasi dan lain – lain.
• Item dapat diambil secara cepat melalui indexing, kata kunci, dan referensi silang.
• Dapat menganotasi teks dengan margin notes, comments,...
• Dapat membentuk dan menyimpan jejak melalui material
• Berlaku sebagai external memory.

Memex temuan Vannevar Bush :



J.C.R Licklider (1915 - 1990)


Psychoacoustrician lulusan MIT ini tertarik dengan komputer setelah Clark mendemostrasikan TX-0. Dengan latar belakangnya dalam psikologi Licklider meriset bagaimana orang – orang berinteraksi dengan komputer, dan selanjutnya ia dikenal sebagai seorang ahli dalam human-computer interaction. Pernyataannya sebagai berikut :

“The hope is that, in not too many years, human brains and computing machines will be coupled together very tightly and that the resulting partnership will think as no human brain has ever thought and process data in a way not approached by the information-handling machines we know today.”

Licklider sendiri memiliki visi atau tujuan sebagai berikut :

Jangka dekat :
• Waktu berbagi
• Elektronik I/O
• Interaktif dan sistem real time
• Skala penyimpanan informasi yang besar

Jangka menengah :
• Memfasilitasi kerjasama manusia dalam deain dan pemrograman sebuah sistem yang besar
• Mengkombinasi speech recognition, hand printing character recognition dan light pen editing.

Jangka panjang :
• Mengerti natural language (syntax, semantics, pragmatics)
• Pengenalan suara user yang sewenang – wenang.
• Pemrograman heuristik.

Perkembangan signifikan :
Pertengahan tahun 60an harga komputer menjadi terlalu mahal untuk individual, akhirnya dikembangkanlah sebuah sistem time sharing yang memungkinkan beberapa pengguna saling terhubung dari komputernya masing – masing melalui jaringan menggunakan email,sistem interaktif, shared files,dll.

Ivan Sutherland’s Sketch Pad – 1963 PhD

• Struktur Hirarkis
• Object Oriented Programming
• Constraints
• Icons
• Copying
• Input techniques
• World Coordinates
• Recursive Operations

Ivan juga mengembangkan hardware secara paralel :
• “low cost” graphics terminal
• Input device seperti data tablets
• Display processor yang mampu melakukan manipulasi gambar secara real time.
SketchPad :



Douglas Engelbart

• Hal yang menonjol system/demo :
Hirarki hypertext, multimedia, mouse, tampilan resolusi tinggi, file sharing, email, teleconference.
Bentuk mouse pertama di dunia temuan dari Engelbart :

Alan Kay

Penemu dari Dynabook, model pertama dari sebuah komputer yang portabel yang dapat menyimpan data personal, records, animasi, gambar, musik, yang sekarang dikenal sebagai notebook.

Bentuk dynabook temuan Alan Kay :


WIMP
• Windows, icons, menus, pointers
• Dapat melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan
• Terkenal dengan interface GUI
• Xerox, Alto, Star; early Apple Lisa, Macintosh

MIT Architectural Machine Group
Nicholas Negroponte (1969 – 1980+)
- Banyak penemuan penting, diantaranya :
1. Display seukuran dinding
2. Penggunaan video disk
3. Penggunaan AI pada user interface
4. Speech recognition yang tergabung dengan pointing
5. Produksi suara
6. Hypertext multimedia

Bahasa (agent)
• Tindakan tidak selalu banyak mempengaruhi daripada kata – kata
• Antarmuka sebagai mediator atau agen
• Paradigma bahasa

CSCW
• Computer Support Cooperative Work
• Sistem yang tidak lagi satu pengguna atau satu sistem
• Aspek mikro sosial menentukan
• Email sebagai kesuksesan yang menonjol tapi aplikasi – aplikasi lain masih belum digunakan secara luas
 

Unsur-Unsur Human Computer Interaction

Unsur Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) :

  • Interaksi
Manusia dan Komputer memiliki 3 Unsur yang terdiri dari Manusia,
Komputer, dan Interaksi antara manusia dengan Komputer.
 
  • Manusia
Bagaimana manusia menerima dan memproses prerintah kedalam komputer? Manusisa memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.
 
  • Komputer
Bagaimana teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan output
(luaran) yang telah diproses? Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masingnya memiliki pengaruh terhadap user (pengguna). Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, gambar dan memilih obyek pada layar. Sedangkan pada peralatan output untuk pengguna secara interaktif umum adalah beberapa jenis tampilan layar (user interface) serta output berupa suara.

  • Interaksi Dengan Model
Interaksi akan membantu untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antar pengguna dan sistem. Model ini akan mengakomodasi apa yang diinginkan oleh user (penguna) dan yang akan dilakukan oleh sistem.

 

Tujuan dan Fungsi Human Computer Inteaction

Perlu untuk diketahui, agar dapat mencapai tujuan ini, developers atau para pengembang harus mampu:

  • Berempati dengan pengguna dan antisipasi bagaimana mereka akan menggunakan teknologi.
  • Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan praktik terbaik dalam membangun sistem yang memadai.
  • Menghasilkan interaksi yang efektif, efisien, dan tentunya aman.

Benar, hal itu tentunya mengingat HCI sendiri terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu user (pengguna), komputer, dan bagaimana keduanya bekerja sama.

Terkait fungsi utamanya sendiri, adapun fungsi dan kegunaan di dalamnya adalah aspek yang ditujukan untuk memastikan bahwa interaksi manusia komputer, efektif, efisien, dan memuaskan.

Jadi, pada intinya untuk fungsi serta kegunaannya mencakup karakteristik seperti kemudahan penggunaan, produktivitas, efisiensi, efektivitas, kemampuan belajar, kemampuan dipertahankan, dan kepuasan pengguna.


Penerapan Human Computer Interaction  

Penerapan IMK dalam bidang keseharian
  • Orang sekarang lebih memilih alat transportasi berbasis Online, contoh sebut saja penggunaan Gojek, Grab, dan uber dan telah merajalela di indonesia.
  • Saat ini juga orang dapat membeli suatu barang tanpa datang ke toko langsung, hanya melalui online shop seseorang dapat membeli dan langsung diantar sampai tujuan.

Jenis Prinsip Human Computer Interaction Design 

Jenis-jenis prinsip HCI atau Human Computer Interaction sebagaimana yang dijelaskan menurut seorang ahli atau pakar bidang komputer yang bernama Jakob Nielsen, dia mengidentifikasi sepuluh 10 (sepuluh) commands atau perintah terkait desainnya.

Adapun jenis-jenis tipe prinsip Human Computer Interaction Design tersebut yaitu:

  1. Memberitahu pengguna tentang status sistem dengan feedback (umpan balik) yang konstan.
  2. Memberikan aturan informasi dalam urutan yang logis dan alami.
  3. Memastikan para pengguna dapat dengan mudah membatalkan atau mengulangi tindakan.
  4. Mempertahankan standar yang konsisten sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya tanpa harus mempelajari kumpulan tools (alat) baru.
  5. Mencegah kesalahan jika memungkinkan, peringatkan pengguna sebelum mereka melakukan tindakan.
  6. Jangan buat pengguna mengingat informasi, pertahankan opsi, dan lain sebagainya agar tetap terlihat.
  7. Jadikan sistem fleksibel sehingga beginer (pemula) dan expert (ahli) dapat memilih untuk melakukan lebih banyak atau lebih sedikit pada mereka.
  8. Desain dengan estetika dan minimalis dalam pikiran, penting menjaga kerapian serta jangan berantakan dengan item yang tidak perlu.
  9. Memberikan pesan kesalahan dalam bahasa sederhana untuk menunjukkan masalah dan kemungkinan solusinya.
  10. Berikan dan tawarkan sumber daya pemecahan masalah yang mudah dicari, jika diperlukan.

Macam Faktor Human Computer Interaction 

Dalam membahas tentang pengertian HCI (Human Computer Interaction), disini Kami juga akan menjelaskan beberapa faktor-faktor yang terdapat di dalamnya.

Macam-macam faktor yang terdapat di dalam bidang HCI atau Human Computer Interaction :

  1. Faktor organisasi; Ini termasuk seperti politik, tempat Kerja, desain dan pelatihan.
  2. Faktor lingkungan; Seperti tingkat kebisingan dan ventilasi.
  3. Pengguna; Seperti kemampuan dan proses kognitif, kepribadian, pengalaman, motivasi serta emosi mereka.
  4. Faktor kenyamanan; Ini termasuk seperti peralatan dan tata letak yang baik.
  5. User interface atau antarmuka pengguna; Ini termasuk seperti input dan output perangkat, mulai dari warna, tata letak, ikon, grafik dan navigasinya.
  6. Faktor task (tugas); Misalnya seberapa rumit atau mudahnya, keterampilan dan alokasinya.
  7. Batasan; Seperti biaya, waktu dan peralatannya.
  8. Fungsi sistem; Ini adalah perangkat keras, perangkat lunak dan aplikasi di dalamnya.
  9. Faktor produktivitas; Seperti jumlah biaya paling sedikit untuk keluaran yang paling efisien serta dapat meningkatkan inovasi dan juga troubleshooting pemecahan masalah dalam bidang HCI atau Human Computer Interaction.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam DIalog

General Principle of User Interface