Interaksi

 


    Interaksi pada IMK merupakan suatu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna dan sistem untuk tujuan yang menguntungkan satu sama lain. Komunikasi antara pengguna dan sistem ini dipengaruhi oleh bentuk antarmuka sehingga mengambil tempat antara sosial dan organisasi kerangka kerja (framework) yang mempengaruhi pengguna dan sistem. Hal itu terdapat cakupan yang luas untuk tingkat keharusan komunikasi pengguna dan sistem dalam melakukan tugas seperti batch processing yang tidak memerlukan input dari pengguna secara langsung dan direct manipulation yang dimana semua sistem dikontrol oleh pengguna.


Terdapat tiga level umum pada interaksi manusia dan komputer, antara lain :

  1. Task Level
  2. Dialog Level
  3. Input/Output Level

Terminologi Interaksi
  • Domain : Area keahlian dan pengetahuan di dunia nyata.
  • Goal : Hasil yang diinginkan dari suatu tugas.
  • Task : Operasi manipulasi muatan dari domain.
  • Itention : Aksi khusus dalam menemukan tujuan yang diinginkan.
  • Task Analysis : Identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain, tujuan, tugas, dan maksud.
  • System : Aplikasi komputer.
  • Task Language : Bahasa pengguna yang menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi pengguna.
  • Core Language : Bahasa sistem yang menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi sistem.


Batas Kerja Interaktif
  1. Batas Komputasi : Cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input menggunakan suatu algoritma memiliki waktu yang dibutuhkan.
  2. Batas Saluran Penyimpanan : Kemacetan dalam transfer data dari disk ke memori.
  3. Batas Grafik : Pembaruan layar membutuhkan banyak usaha yang terkadang dapat dibantu dengan prosesor grafik.
  4. Kapasitas Jaringan : Akses sumber daya yang dibagi.

Siklus Interaksi

    Model milik Donald Norman berkonsentrasi pada pandangan pengguna antarmuka dan terdapat tujuh komponen, antara lain :

  1. Menerapkan tujuan
  2. Membentuk intention
  3. Menetapkan rangkaian aksi
  4. Melaksanakan aksi
  5. Melihat kondisi sistem
  6. Menginterpretasikan kondisi sistem
  7. Mengevaluasi kondisi sistem sehubungan dengan goal dan itention


Gulf

    Supaya interaksi manusia dan sistem bisa berjalan dengan baik, maka Gulf atau jurang pemisah harus dibuat seminimal mungkin.

  • Gulf of Execution, yaitu perumusan pengguna mengenai aksi mungkin berbeda dengan aksi yang diijinkan oleh sistem.
    • Jika aksi yang dibentuk user tidak bisa dibentuk oleh sistem
    • Aksi dari user sulit dirumuskan oleh input sistem

 

  • Gulf of Evaluation, yaitu harapan pengguna pada perubahan status sistem mungkin berbeda dengan presentasi aktual dari status ini.

  • Jika presentasi dari aksi tidak dapat dimengerti oleh pengguna
  • User sulit menerjemahkan output dari sistem.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam DIalog

General Principle of User Interface

Konsep Interaksi Manusia dan Komputer